Monday, November 9, 2015

Bebasnya Tokoh2 Pembela Orang Miskin



Bebasnya Teologi Pembebasan

Teologi Pembebasan adalah gerakan kelompok Katolik untuk membela rakyat miskin yang dulu tumbuh pesat di Amerika Latin. Gerakan ini dikecam oleh gereja karena konon ada unsur Marxisme-nya, mempertentangkan orang kaya dengan orang miskin. Padahal gereja ingin jangan ada pertentangan... Semua diselesaikan dengan kasih.

Tapi banyak pastor di sana yang tidak sabar dengan itu dan terus bergerak dalam ranah politik. Dulu rasanya ada berita, banyak pastor yang dikeluarkan dari gereja karena itu. Tapi skrg saya tidak bisa mendapat datanya. Yang jelas salah satu tokohnya, Leonardo Boff, keluar (atau dikeluarkan?) dan tidak jadi pastor lagi... Paus Fransiskus membuat keadaan berubah. Baca di bawah ini:

Pope Francis: has his revolution even started?


... (petikan)
...
Dia (Paus Fransiskus) telah merehabilitasi teologi pembebasan. Pada 1970-an dan 80-an Gereja Katolik Roma berusaha melemahkan gerakan “teologi pembebasan”, yang tumbuh di Amerika Selatan dan bertujuan menempatkan gereja di sisi orang miskin dalam perjuangan untuk keadilan dan perubahan sosial di negara berkembang. Bergoglio (Paus Fransiskus), sebagai pemimpin Yesuit di Argentina tiga puluh tahun lalu, ikut menekan gerakan yang dianggap sebagai tabir dari perjuangan kelas Marxisme ini (Red. komunis).
Tapi sebagai paus ia telah mengundang Bapak dari gerakan itu, Gustavo Gutierrez, ke Roma dan menyatakan teologi pembebasan ini tidak bisa lagi "tetap dalam bayang-bayang seperti terjadi bertahun-tahun ini." Dia meminta tokoh kunci lain, Leonardo Boff (mantan pastor), yang pernah dihukum agar tidak mengeluarkan pendapat ("obsequious silence") oleh Roma, untuk ikut serta menulis tulisan tentang teologi-lingkungan untuk ensiklik Paus Fransiskus tentang lingkungan (Red. skrg telah terbit).

http://www.theguardian.com/world/2014/mar/11/pope-francis-revolution-even-started-catholic-church-vatican

*************

Diskusi
Saya baru menyadari bahwa kalau tulisan2 saya ini muncul tahun 1980an, saya akan dicap pengikut teologi pembebasan... :)) Tidak apalah. Karena pada akhirnya kelompok pembela orang miskin ini diterima oleh Paus Fransiskus. Tokoh2 teologi pembebasan telah ikut serta menulis ensiklik Paus Fransiskus. Mereka tidak disingkirkan lagi oleh gereja...

Coba lihat dari sudut pandang (perspektif) orang miskin, kata para tokoh teologi pembebasan, yang juga saya dengung2kan di semua tulisan di blog ini serta di Facebook Gereja Miskin. Kasian mereka. Orang miskin adalah wajah Tuhan kita Yesus Kristus di dunia ini... Jangan singkirkan mereka.

************


.


1 comment:

  1. Ada yang bilang Leonardo Boff tidak diikutkan dalam pembuatan ensiklik. Ada yang bilang ya, ikut (http://americamagazine.org/content/all-things/what-hope-pope-francis-first-encyclical). Saya sendiri tidak berhasil mendapat data dari sumber Vatican tentang benar atau tidaknya. Tapi dalam wawancara, Boff mengaku mengirim dua tulisan ke paus. Entahlah...

    ReplyDelete