Wednesday, November 25, 2015

Satu orang bikin revolusi



Selingan: Rosa Parks
Satu orang bisa bikin revolusi


1 Desember  ini adalah peringatan peristiwa besar di AS. 60 tahun lalu, Rosa Parks, berkulit hitam, cantik, ditangkap polisi AS karena melanggar hukum: tidak mau disuruh pindah duduk ke tempat kursi bus untuk orang kulit hitam. “Aku tidak mau pindah,” katanya…  

Heran? 60 tahun lalu AS masih mendiskriminasi, menghina, orang kulit hitam secara luar biasa kejam, tidak manusiawi. Kulit hitam harus duduk di kursi di belakang bus.

Protes dan boikot bus muncul di mana2. Sampai akhirnya pemerintah federal AS mengeluarkan hukum yang menghentikan segregasi, pemisahan, atas dasar ras. Tapi proses tidak mudah. 

Tahun 1963, dua murid kulit hitam tidak boleh daftar di universitas di Alabama karena kulitnya. Gubernur Alabama, George Wallace, menentang pemerintah federal. Pesiden Kennedy, yang Katolik dan tidak suka dengan tindak melawan perikemanusiaan, memerintahkan gubernur untuk tunduk pada hukum. Gubernur tetap melawan; maka Kennedy perintahkan menteri pertahanan untuk memanggil pasukan Alabama. Gubernur akhirnya menyerah… Sejak itu asimilasi orang kulit hitam makin cepat, sampai akhirnya Obama bisa jadi presiden.

Yang perlu ditekankan: semua ini dimulai oleh satu orang. Rosa. Yang bilang, “Tidak, saya tidak mau”.

Renungan:

Anda juga bisa…

********************** 
Rosa Parks, kemudian bisa duduk di depan.

No comments:

Post a Comment