Friday, December 18, 2015

Santo Laurensius - Martir

Santo Laurensius adalah salah satu dari tujuh diakon yang bertugas memberikan bantuan kepada orang miskin. Ketika terjadi masa penganiayaan, Paus Sixtus dihukum mati.

Sementara Paus dibawa pergi Laurensius bertanya sambil menangis, "Bapa, ke mana kamu pergi tanpa diakonmu ini?" "Saya tidak meninggalkanmu, anakku," jawab Sri Paus. "dalam tiga hari kamu akan ikut saya." Penuh sukacita, Laurensius memberi kepada orang miskin sisa uang yang ada di tangannya dan menjual harta yang tersisa untuk diberikan pada orang miskin.

Prefek (penguasa) Roma yang serakah, berpikir bahwa Gereja mestinya punya harta karun tersembunyi. Dia memerintahkan Laurensius untuk membawa harta Gereja kepadanya. Laurensius menyanggupinya, akan membawanya dalam tiga hari. Lalu ia pergi ke seluruh pelosok kota dan mengumpulkan semua orang miskin yang diurusnya. Dia menunjukkan mereka pada Prefek, dan berkata: "Inilah harta Gereja!"

Dengan marah besar, Prefek menjatuhkan hukuman panggang di atas api. Konon Santo Laurensius bersukacita selama dipanggang; dan berdoa agar Roma bertobat dan berpaling pada Yesus. Doanya kita ketahui akhirnya terkabul kemudian...

No comments:

Post a Comment