Saturday, December 12, 2015

Romo Franz Magnis Suseno di tukang sepatu... (1)

Mohon izin Firda Nurfajrin - Kompasiana

Sekitar 30 tahun lalu. Romo Magnis sedang nongkrong di tukang sepatu seperti gambar di atas ini. Di sekitar Pramuka. Ada seorang lelaki lain di situ. Mungkin juga membetulkan sepatu. Tak lama, terjadi tanya jawab ini:

Pria: "Romo, dulu saya Katolik..."
Romo Magnis: "Oya?... Ke gereja mana?"
Pria: "Saya sudah tidak ke gereja lagi," katanya terus terang, dengan lirih dan nada berat.
Romo Magnis: "Kenapa?"
Pria: "Saya merasa tidak nyaman kalau datang ke gereja... Sepertinya gereja milik orang kaya."

Kurang lebih begitu tanya jawab sekilas yg konon diceritakan oleh Romo Magnis di depan mimbar. Entah apa lanjutan dari kisah romo ini. Entah apa renungan yg dibawakan olehnya di mimbar pada saat itu, 30 tahun lalu. Saya hanya dengar dari kawan yg ikut acara itu (saya percaya 100% tidak bohong)..

Saya ingin mengirim ini ke Romo Magnis untuk mendapat jawaban langsung darinya, dan apa pendapatnya tentang ini...

Tapi waktu saya ceritakan ini di group WA, terdengar umpatan yg tajam dan keras... "Dasar kampungan..." "Minder..." "Apa salahnya kalau kamu datang, tidak ada yg memperhatikan kamu..." dst dll.... Terdengar banyak "hakim" berbicara di group itu...  Kamu salah. Kamu dosa...

Waktu itu, Paus Fransiskus mungkin masih belum diangkat dan "penghakiman" pada saudara2 kita yg berdosa meluas. Setelah Paus sendiri tidak berani menghakimi ("Siapa aku ini sehingga berani menghakimi mereka?") entah bagaimana pendapat teman2 tadi...

Juga, entah bagaimana pendapat teman2 sekalian??? Mohon urun pemdapat...

EDIT: Baca komentar langsung romo Magnis pada post sesudah ini... Penjelasan Romo Magnis Terima kasih...

*******************************

No comments:

Post a Comment