Monday, December 21, 2015

Foto heboh November tahun lalu




Paus Minta Berkat pada Patriark Gereja Ortodoks


Pada akhir pertemuan dengan kepala gereja Ortodoks di Turki tahun lalu, Paus Fransiskus membungkuk ke Patriark (kepala gereja) Bartholomeus dan meminta berkatnya  "bagi saya dan Gereja Roma."   Penampilan rasa hormat yang luar biasa dari paus pada patriark Ortodoks ini menunjukkan besarnya harapan Paus Fransiskus untuk mengakhiri perpecahan gereja. Paus, yang memimpin 1,2 milyar umat Katolik, tidak segan menundukkan kepalanya pada pemimpin gereja Ortodoks.

Paus meyakinkan umat Ortodoks yang berkumpul di gereja St. George, bahwa persatuan tidak berarti mengorbankan warisan liturgi atau budaya Ortodoks yang begitu kaya dan bukan berarti “satu pihak menyerah kalah pada yang lain, juga bukan asimilasi.

"Saya ingin meyakinkan Anda semua yang berkumpul di sini bahwa, untuk mencapai tujuan persatuan penuh, Gereja Katolik tidak berniat untuk memaksakan syarat apapun kecuali pengakuan iman bersama," katanya.

Gereja Katolik dan Ortodoks terpisah tahun 1054 karena perbedaan pandangan tentang kekuasaan paus di Roma serta masalah teologis lain;  konon ada masa ketika kepala gereja Timur (Ortodoks) harus mencium kaki paus. (Mohon penjelasan lebih lanjut dari para pastor yang lebih paham tentang ini).

*******
Semoga harapan Paus untuk persatuan gereja kita dukung penuh dengan banyak pelayanan bersama dengan saudara2 Protestan tercinta; Tidak perlu perdebatan mengenai masalah2 teologis, karena Paus tidak berniat memaksakan syarat apapun... Kita sama2 pengikut Yesus. Titik. 

Mari kerja bersama, melayani wajah Kristus di dunia, yaitu kaum miskin dan mereka yang sedang menderita...

*******

No comments:

Post a Comment