Sunday, November 1, 2015

Penelitian DNA Darah Yesus

Beberapa hari lalu saya mendapat edaran video tentang penelitian DNA darah Yesus, yang bersumber dari YouTube.



Bagaimana saya menyikapi berita ini?
  1. Video tidak lengkap, jadi kita tidak tahu latar belakang penelitian itu. Kalau mau cari aslinya, tentu ada, tapi saya malas.
  2. Gereja Katolik berpinsip, kita mempercayai ilmu pengetahuan. Maka Paus pun berkata soal alien, kalau terbukti ada alien, cara pikir kita yang kita ubah. Tapi iman tidak berubah. Baca sini.
  3. Gereja Katolik belum pernah secara resmi mengakui bahwa ada bahan atau kain tertentu yang benar2 terkena darah Yesus, yang ada sampai sekarang. Juga terhadap kain kafan Turin.
  4. Ada beberapa hal pada tulisan di video yang tidak sesuai dengan iman Katolik:
    • "Karena fakta bahwa chromosome dalam tubuh jasmani Yesus tidak lengkap, maka jasad Yesus tidak punya nafsu birahi." Soal kromosom, entahlah. Tapi iman Katolik menyebutkan bahwa Yesus adalah 100% manusia dan 100% Tuhan.
    • "Fakta ini juga menolak claim Mesianik bahwa Yesus berbangsa Yahudi..." Penulis mengacaukan bangsa dan agama. Yahudi adalah suatu kelompok etnoreligius, kelompok agama dan kelompok etnik. Penganutnya bisa orang Israel, bisa orang hitam Afrika, atau India. Tapi orang yang lahir pada keluaga Yahudi, biasanya disebut, dan menyebut diri, orang Yahudi. Jadi, Yesus adalah orang Yahudi.
    • "Doktrin 'Yesus itu 100% manusia' harus ditolak... Yesus adalah roh Tuhan..."  Ini mirip dengan bidah (aliran sesat) Docetisme pada abad-abad permulaan Kristen. Kita percaya bahwa Yesus 100% manusia (dan 100% Tuhan).

Saya tidak belajar teologi; hanya itu yang saya ketahui.

 =============

No comments:

Post a Comment