Wednesday, January 18, 2017

Michele Obama tentang perkawinan

Pidato Michele Obama yang luar biasa.

*HARDCORE TRUTH ABOUT MARRIAGE!!*



  1. Tidak ada yg lebih menakutkan seorang istri daripada pikiran adanya wanita lain yg bersaing utk perhatian dan kasih sayang dari suaminya. Tak ada yg lebih menyakitkan. Tidak ada yg lebih merampas kehormatannya. Tidak ada yg lebih menghina. Tidak ada yg lebih mengecilkan hati dan merendahkan.
  2. Rumah tangga berkembang dg baik bila pasangan bekerja sama; ketika suami istri memutuskan bahwa kemenangan bersama lebih penting daripada saling mengalahkan. Rumah tangga yg baik tidak terjadi begitu saja, tapi adalah hasil dari kerja keras.
  3. Anak2mu mengamatimu dan membentuk pandangan ttg cinta kasih, tanggung jawab dan pernikahan dari apa yg mereka lihat. Beri mereka harapan. Tunjukkan bahwa pernikahan adalah sesuatu yg hrs dinanti-nantikan.
  4. Para suami: wanita lain tampak menarik krn ada yg merawat dia. Sesuatu yg dirawat itu pasti indah. Drpd ngiler melihat yg lain, rawatlah apa yg kau punya. Semua lelaki bisa mengagumi wanita lain, tapi hanya lelaki sejati yg bisa membuat istrinya cantik dan dikagumi.
  5. Suami yg mendahulukan istri di atas apapun (kecuali Tuhan), akan memberi istri perasaan aman dan dihargai, yg sangat didambakan setiap istri.
  6. Perkawinan yg berhasil tidak memerlukan rumah besar, pasangan yg sempurna, mobil mewah dan harta puluhan milyar. Org bisa saja punya semua itu tapi tetap tidak bahagia. Perkawinan yg berhasil butuh kejujuran, kemauan teguh dan kasih sayang yg tdk mengutamakan diri sendiri.
  7. Doakan pasanganmu setiap saat, pagi siang dan malam hari. Jangan tunggu sampai ada masalah. Jangan tunggu sampai ada perselingkuhan. Jangan tunggu sampai ada hal buruk terjadi. Jangan tunggu sampai pasanganmu tergoda. Lindungi pasanganmu dengan doa dan tutupi rumah tanggamu dengan pagar doa.
  8. Org2 di sekelilingmu punya peranan penting dlm rumah tanggamu. Seorang teman bisa membangun atau menghancurkannya, pilihlah teman dg bijaksana.
  9. Rumah tangga yg baik tidak bisa dibangun oleh suami saja atau istri saja, bila pasangannya berusaha menghancurkannya. Suami dan istri hrs bekerja sama membangun pernikahan yg baik.
  10. Jangan pernah menganggap pasanganmu memang harus begitu. Jangan memanfaatkan kelembutan dan kebaikannya. Jangan artikan kesetiaan pasanganmu sbg keputusasaan. Jangan menyalahgunakan kepercayaan pasangan. Kamu bisa menyesal nanti setelah kehilangan orang yg sangat berarti bagimu.
  11. Waspadalah terhadap nasihat pernikahan dari seseorang yg masih single. Setulus apapun, itu hanya teori dan bukan pengalaman hidup. Kalau perlu nasihat, carilah dari pasangan yg matang, yg tidak memihak, yang telah membangun rumah tangganya dg doa2, yg telah teruji oleh waktu dan berbagai cobaan.
  12. Suami istri yg terkasih: jangan meremehkan peranan lidah dlm rumah tangga. Lidah bisa menghancurkan perkawinanmu atau membangunnya. Jangan gunakan lidahmu utk menghancurkan gambaran diri, kepercayaan diri, dan cita2 pasanganmu. Gunakan lidahmu utk membangun rumah tanggamu; berkati dan puji pasanganmu 💙

No comments:

Post a Comment