Sunday, December 13, 2015

Romo Franz Magnis Suseno di tukang sepatu... (2)

Penjelasan Romo Magnis tentang kisah di atas...


Baca : Romo Franz Magnis Suseno di tukang sepatu... (1)


Memang kurang lebih demikian. Bahwa itu tukang sepatu, saya lupa. Dia tidak bicara tentang orang kaya. Tetapi maksudnya memang orang kaya. 

Dia mengatakan: sejak gereja saya dibikin baru, saya merasa tak cocok (dan lupa apa ia juga mengatakan, saya tak punya pakaian yang cocok).

Mirip dengan yang ditulis St. Yakobus dalam suratnya tentang orang miskin yang disuruh duduk di belakang (Yak. 2, 2-4).

Tidak cukup menanggapi (oleh mereka yang sudah lumayan) bahwa orang miskin dengan pakaian sederhana welcome dalam gereja-gereja kita, kalau suasana adalah sedemikian rupa sehingga mereka – seperti tukang sepatu itu – tidak kerasan, merasa malu dlsb.

Dan betul, justru itulah yang mau diubah Paus Fransiskus.


Salam saya

Franz Magnis-Suseno 

** Pemakaian huruf ukuran besar dari redaksi

********************************************

No comments:

Post a Comment