Friday, February 26, 2016

Jangan tertipu oleh para 'ahli hukum' (gereja) yang membatasi kasih Allah

Kasih Allah tidak hanya  bagi orang yang mengikuti Perintah2-Nya
========================

Bila mengingat cinta Allah yang tak terbatas, seharusnya kita membalasnya dengan menaati perintah-perintah-Nya; tapi itu bukan syarat untuk cinta dari Allah dan bukan syarat untuk keselamatan yg ditawarkan-Nya melalui Yesus, kata Paus Fransiskus. Orang yang tidak mengikuti perintah-Nya pun tetap dikasihi Tuhan.

Pada hari raya St Teresa dari Avila, Paus mengatakan bahwa ketika Yesus masih hidup... dan hari ini juga (!!), ada "doktor2 ilmu hukum" (gereja) yang berpikir bahwa mereka bisa tahu siapa yang bisa selamat dan siapa yg tidak, hanya dengan melihat bagaimana orang mematuhi perintah-perintah Tuhan.

"Ada baiknya kalau hari ini kita bertanya pada diri sendiri: Apakah kita percaya bahwa Tuhan telah menyelamatkan kita dengan gratis, secara cuma2," kata Paus. "Apakah kita percaya bahwa kita tidak layak diselamatkan, dan jika kita pantas diselamatkan, itu adalah melalui Yesus Kristus dan apa yang telah dilakukan-Nya untuk kita?"

"Mari kita tanyakan pertanyaan2 itu hari ini; hanya dengan cara itu kita akan setia pada kasih penuh belas kasihan yang begitu besar, kasih seorang bapa dan ibu, karena Allah berkata bahwa Dia seperti ibu bagi kita," kata Paus.

Kasih Allah itu luas, tak berpinggir dan tak terbatas, kata Paus. "Kita seharusnya tidak membiarkan diri tertipu oleh para 'doktor' (ahli hukum gereja) yang membatasi cinta ini."
...
...
Pada bacaan Injil hari itu, Lukas 11: 47-52, Paus mengatakan, Yesus menggunakan kata2 yang keras dan "sangat kasar" ketika berbicara tentang para "doktor ilmu hukum" itu (Red. yang pada masa itu disebut ahli kitab)...
...
Para doktor ilmu hukum itu berpikir, satu-satunya cara yang bisa menyelamatkan diri kita adalah dengan menaati segala perintah dan bahwa siapa pun yang tidak bisa melakukan itu akan dikutuk," kata Paus. Ajaran mereka "membatasi cakrawala Tuhan dan membuat kasih Tuhan kecil, kecil", dan akibatnya, mengecilkannya (kasih Tuhan) ke seukuran manusia.

Perintah-perintah Tuhan harus diperhatikan, kata Paus, tetapi perlu diingat bahwa semua itu diringkas menjadi "kasihi Allah dan kasihi sesamamu."
...
...
========================
http://www.catholicherald.co.uk/news/2015/10/15/do-not-be-fooled-by-doctors-of-law-who-limit-gods-love-says-pope-francis/

No comments:

Post a Comment