Thursday, September 19, 2024

Skandal Uskup Irlandia

Uskup Irlandia ini Dimakamkan di Ruang Bawah Tanah Katedral

Dengan pemakaman Uskup Eamonn Casey pada tahun 2017 tampaknya berakhir lah skandal perselingkuhannya beberapa tahun sebelumnya. Namun baru-baru ini, muncul tuduhan baru yang meresahkan.


Katedral Galway, tempat Eamonn Casey, seorang klerus yang karismatik tetapi munafik, dimakamkan pada tahun 2017.dari Galway, Irlandia.


18 September 2024

Misa pemakaman untuk Eamonn Casey tampaknya cocok untuk salah satu uskup Katolik paling terkenal di seluruh Irlandia. Kemeriahan pada hari Maret yang sejuk di tahun 2017 itu dihadiri oleh 11 uskup dan 60 pastor, semuanya berpakaian putih, meluncur seolah-olah di udara di lorong tengah katedral yang penuh dengan bangku di Galway.

Kemenyan dan kecanggungan bercampur aduk. Uskup Casey, yang berusia 89 tahun, pernah menjadi pemimpin yang karismatik dan progresif di Keuskupan Galway, di Irlandia Barat. Namun, pada tahun 1992 terungkap bahwa ia telah menjadi ayah dari seorang anak dengan sepupu jauhnya orang Amerika, dan kemudian menolak untuk berhubungan dengan anak laki-lakinya; ini mengguncang negara yang mayoritas beragama Katolik itu dan mengirimnya ke padang gurun.

Pada pemakaman tersebut, seorang rekan uskup menyinggung tindakan Uskup Casey yang "sangat mengecewakan". Kemudian para pengusung jenazah membawa peti jenazahnya ke ruang bawah tanah katedral, yang tampaknya menjadi akhir dari kisah seorang klerus yang karismatik tetapi bermuka dua yang setidaknya melakukan pelanggaran terhadap orang dewasa tanpa paksaan. 

LEWATI IKLAN

Namun masa lalu itu sabar. Pada akhir Juli, tujuh tahun setelah kematian Uskup Casey, TV nasional Irlandia, RTÉ, menayangkan dokumenter televisi yang menyadarkan dan menegaskan bahwa perselingkuhan adalah pelanggaran paling ringan yang ditutup-tutupi oleh uskup itu. Tuduhan yang mengusik, termasuk bahwa ia mulai melakukan pelecehan seksual terhadap keponakannya yang berusia 5 tahun, kini  memicu tuntutan agar jenazahnya dikeluarkan dari ruang bawah tanah — agar ia diusir dari tempat suci yang disediakan untuk para mantan uskup Galway.

        Pemakaman Uskup Casey, Maret 2017. 

Di antara mereka yang mendukung langkah drastis tersebut adalah penyiar Joe Duffy, yang acara radionya yang populer, Liveline , sering kali menyentuh jiwa nasional. Duffy mengatakan bahwa saluran telepon untuk programnya "tiba-tiba seperti terbakar" setelah tuduhan baru tersebut, dengan para penelepon yang marah menuntut uskup untuk mencabut penguburan mantan uskup tadi. 

“Jika Gereja memindahkannya dari makam, itu akan menjadi tindakan besar untuk  penebusan dosa,” kata Duffy. “Namun, mereka tidak mau melakukannya...”

Terhadap dosa-dosa klerus di masa lalu, apakah lebih baik menggali kembali jasad uskup predator itu untuk menebus  dosa gereja? Atau, seperti yang dikatakan beberapa orang, apakah lebih baik membiarkan jasadnya tetap di tempatnya sebagai pengingat abadi untuk pengkhianatan tadi?

LEWATI IKLAN

Dalam keadaan biasa, hierarki Katolik tidak akan peduli terhadap seruan untuk penggalian jenazah. Namun, dengan rilis berita yang luar biasa pada bulan Juli yang memuat judul yang sama luar biasanya — “Pernyataan dari Keuskupan Galway tentang Penguburan Jenazah Uskup Eamonn Casey” — para pemimpin gereja mengisyaratkan pengakuan mereka terhadap masalah yang tidak dapat diselesaikan hanya dengan doa ini.

                Casey di awal tahun 1980an

Mengakui bahwa ini adalah “isu yang sangat sensitif yang sangat memengaruhi orang dalam berbagai cara, dan memiliki berbagai aspek,” keuskupan mengatakan masalah tersebut akan memerlukan “periode pertimbangan dan konsultasi yang cermat, dan telah dimulai.”

“Waktu dan ruang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas ini dengan baik dan tepat,” lanjut pernyataan keuskupan tersebut. “Kami tidak akan memberikan komentar publik lebih lanjut hingga kami dapat memberikan informasi terbaru.”

LEWATI IKLAN

Tuan Rumah bagi Paus — dan Seorang Munafik

Pada saat Anne Sheridan, seorang reporter veteran, mulai menyelidiki masa lalu Uskup Casey pada tahun 2016, pria itu merupakan perwujudan dari penipuan klerus sekaligus sisa-sisa dari masa Irlandia lainnya.

Pastor yang ada di mana-mana ini mulai terkenal pada tahun 1960-an sebagai pastor yang vokal bagi komunitas emigran Irlandia yang tertindas di London sebelum akhirnya naik jabatan pada tahun 1976 ke jabatan bergengsi sebagai uskup Galway. Secara luas dianggap sebagai perubahan yang menyegarkan dari Katolikisme Irlandia yang represif saat itu, ia berbicara tentang keadilan sosial, bercanda di acara televisi larut malam, dan memacu sedan mahal di sepanjang jalan belakang yang sempit. Ketika Paus Yohanes Paulus II mengunjungi Irlandia pada tahun 1979, Uskup Casey adalah tuan rumah de facto — tetapi juga seorang munafik.

Pada awal tahun 1970-an, saat menjabat sebagai uskup Kerry, ia berselingkuh dengan sepupu jauhnya Annie Murphy, yang saat itu berusia 25 tahun, yang datang ke Irlandia dari Amerika Serikat untuk memulihkan diri dari keguguran dan perceraian. Ketika Annie kemudian melahirkan putra mereka, Uskup Casey mencoba menekannya agar menyerahkan bayi itu untuk diadopsi dan kemudian mengabaikan keberadaan anak laki-laki itu, sambil secara terbuka mengecam nasib buruk ibu-ibu yang tidak menikah.

Ny. Murphy mengakhiri hubungan mereka dan kembali bersama anak laki-laki itu, Peter, ke Amerika Serikat. Selama bertahun-tahun, uskup mengirim pembayaran tunjangan bulanan. Namun, ketika uskup menolak permintaannya untuk lebih terlibat dalam kehidupan putra mereka, Ny.Murphy mengajukan gugatan paternitas di New York, setelah itu Uskup Casey mengirimkan $100.000 dalam bentuk dana keuskupan untuk pendidikan Peter .

LEWATI IKLAN

Awal tahun 1970-an, saat bertugas di Keuskupan Kerry, Uskup Casey berselingkuh dengan Annie Murphy, sepupu jauhnya, dan mencoba membujuknya untuk menyerahkan bayi mereka, Peter. 

Ny.Murphy membagikan kisahnya pada tahun 1992 dengan The Irish Times yang menyebabkannya dikutuk di beberapa kalangan. Uskup Casey mengundurkan diri, meninggalkan Irlandia dan tak lama kemudian menjalani penebusan dosa sebagai misionaris di Ekuador.

Setelah beberapa waktu di Inggris, ia kembali pada tahun 2006 ke Irlandia yang telah berubah, di mana skandal yang tampaknya tak ada habisnya — termasuk pengungkapan pastor pedofil dan lembaga kejam untuk ibu yang tidak menikah — telah melemahkan pengaruh hierarki Katolik pada kehidupan sehari-hari orang Irlandia.

Pelanggaran yang dilakukan Uskup Casey tampak tidak berarti jika dibandingkan; ia telah berulang kali meminta maaf, dan telah berhubungan kembali dengan putranya. Ketika ia pensiun di komunitas pedesaan Galway di Shanaglish, penduduk setempat merayakan kedatangannya dengan kembang api.

Iklan

LEWATI IKLAN

Uskup tua itu menderita penyakit Alzheimer di panti jompo pada tahun 2016 ketika Ny. Sheridan, sang reporter, menerima surat anonim mengenai pria itu, seseorang yang telah ia dengar ceritanya sepanjang hidupnya. Seperti Uskup Casey, ia tumbuh besar di Kerry, tempat semua orang tahu tentang pastor yang sangat terkenal itu dan perilakunya yang sembrono, yang diabadikan dalam sebuah lagu nakal oleh penyanyi folk Christy Moore .

Gambar

Anne Sheridan, seorang reporter veteran, mulai menyelidiki klaim terhadap Uskup Casey pada tahun 2016 dan mengungkapkan bahwa lima wanita telah mengeluh kepada otoritas gereja karena dilecehkan secara seksual oleh pastor tersebut.

Dokumenter yang ditayangkan pada bulan Juli, “Rahasia Terpendam Bishop Casey,” yang sebagian mengandalkan laporan Sheridan untuk surat kabar Limerick Leader dan Irish Mail on Sunday, mengungkap bahwa lima wanita telah secara independen mengadu kepada otoritas gereja karena telah mengalami pelecehan seksual saat masih anak-anak oleh Bishop Casey. Pengaduan tersebut, yang sudah berlangsung puluhan tahun, melibatkan ketiga keuskupan Irlandia tempat ia bertugas.

Sheridan dan dua produser RTÉ, Roger Childs dan Birthe Tonseth, melaporkan bahwa Keuskupan Galway telah bersikeras selama bertahun-tahun bahwa mereka hanya mengetahui satu tuduhan, yang diajukan ke polisi tetapi tidak berujung pada penuntutan. Namun, akhirnya, keuskupan mengakui memiliki lima tuduhan pelecehan anak dalam berkasnya, selain dua pengaduan dari wanita yang mengatakan bahwa penyalahgunaan kepercayaan oleh uskup telah melibatkan tindakan seksual.

Iklan

LEWATI IKLAN

Sheridan menemukan bahwa satu pengaduan pelecehan anak, yang diajukan pada tahun 2001, telah menghasilkan penyelesaian rahasia, sementara pengaduan lainnya diselesaikan oleh Keuskupan Limerick dengan pembayaran lebih dari $100.000 setelah kematian Uskup Casey.

Dokumenter tersebut berfokus pada Patricia Donovan, keponakan uskup, yang mengatakan bahwa uskup telah melakukan pelecehan seksual terhadapnya setidaknya selama satu dekade, dimulai saat ia berusia 5 tahun, pada tahun 1960-an. Ia menggambarkan uskup sebagai seorang pedofil pemberani yang "berpikir ia dapat melakukan apa yang ia suka, kapan pun ia suka, dengan cara yang ia suka."

Gambar


Film dokumenter yang ditayangkan pada bulan Juli, “Rahasia Terpendam Uskup Casey,” sebagian didasarkan pada laporan Sheridan untuk Limerick Leader dan Irish Mail pada hari Minggu.Kredit...Paulo Nunes dos Santos untuk The New York Times

Ny.Donovan mengajukan pengaduan kepada polisi dan pejabat gereja di Inggris — tempat tinggalnya — pada akhir tahun 2005, dan kemudian segera setelah itu kepada pihak berwenang di Irlandia. Tuduhannya, yang digambarkan sebagai kredibel oleh konsultan perlindungan anak terkemuka yang muncul dalam film dokumenter tersebut, tidak berujung pada tuntutan pidana. Namun, tuduhan tersebut mendorong pejabat gereja di Inggris untuk mendesak Uskup Casey meninggalkan negara mereka.

Iklan

LEWATI IKLAN

Ia kembali ke Irlandia untuk pensiun, tetapi saat itu Vatikan diam-diam telah membatasi pelayanannya, melarangnya melakukan tugas imamat di depan umum. Ia tetap melakukannya.

Dalam pernyataan tertulis kepada Sheridan, juru bicara Keuskupan Galway mengatakan: “Larangan ini menjadi sumber kemarahan bagi Uskup Casey dan dalam beberapa kesempatan yang didokumentasikan secara publik, diketahui bahwa ia melanggar larangan ini.”

Pengkhianatan Pastoral

Pengungkapan terbaru ini telah memicu kemarahan. Gereja Katolik menutupi kasus pastor pedofil yang sudah menjadi hal yang lumrah di Irlandia, tetapi kasus ini melibatkan seorang uskup terkenal yang di kemudian hari diperlakukan seperti penjahat yang menyenangkan.

“Pengkhianatan adalah kata yang paling sering digunakan saat ini ketika warisan Uskup Casey diangkat,” kata Sheridan.

Iklan

LEWATI IKLAN

Rasa pengkhianatan itu bertambah parah dengan kenangan akan acara pelepasan yang diberikan kepada Uskup Casey oleh hierarki gereja: katedral yang penuh sesak termasuk presiden Irlandia, Michael D. Higgins, sejumlah pastor, dan prosesi pemakaman khidmat menuju ruang bawah tanah eksklusif di bawahnya.

Hanya mereka yang mendalami protokol Katolik yang akan mendeteksi modifikasi ritual yang dirancang untuk mengecilkan statusnya yang tinggi sebagai uskup, atau menyadari ketidakhadiran uskup agung atau perwakilan Vatikan. Ibadah itu berlangsung riuh dan tenang.

Kini, orang-orang kembali menghadiri upacara tersebut dan menuntut agar jenazah Uskup Casey dipindahkan dari tempat peristirahatan terakhir di katedral. Bahkan Perdana Menteri negara itu, Simon Harris, turut memberikan komentar. Ia menyambut baik rencana kepolisian nasional untuk meninjau berkas kasus Casey, dan mendesak Keuskupan Galway "untuk memastikan pertimbangan dan konsultasi lebih lanjut mereka berfokus pada korban."

Gambar

Di antara mereka yang mendukung penggalian jenazah Eamonn Casey adalah Joe Duffy, yang menjadi pembawa acara radio populer di seluruh negeri. Tn. Duffy mengatakan saluran telepon untuk programnya "tiba-tiba terbakar" setelah tuduhan baru itu.Kredit...Paulo Nunes dos Santos untuk The New York Times

LEWATI IKLAN

Sementara itu, Keuskupan Limerick telah menyatakan bahwa pihaknya siap menerima jenazah tersebut, dan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa, jika diperlukan, pihaknya “akan bekerja sama sepenuhnya untuk memfasilitasi pemindahan tersebut.”

Sampai hierarki Katolik memutuskan apa yang harus dilakukan, jika ada, Eamonn Casey akan tetap tinggal, di samping jenazah enam uskup lainnya di bawah bangunan suci di kota kuno Galway.

Katedral tersebut, yang sebelumnya dikenal sebagai Katedral Bunda Maria Diangkat ke Surga dan St. Nicholas, merupakan tempat persinggahan favorit Brian Nolan, pemilik tur Galway Walks. Ia telah memandu banyak pengunjung menyusuri jalan-jalan sempit kota dan menyeberangi Sungai Corrib untuk berdiri di bawah bayangannya yang menjulang.

Ia menjelaskan bahwa pembangunannya dimulai pada tahun 1958 di lokasi penjara kota lama. Penjara itu dibangun dengan batu kapur yang digali secara lokal. Lantainya terbuat dari marmer Connemara.

LEWATI IKLAN

Nolan tidak merujuk pada ulama terkenal yang dimakamkan di ruang bawah tanah di bawah marmer itu — meskipun ia punya pendapat: Biarkan saja orang itu di tempatnya.

“Jika saya pernah melihat metafora untuk suatu tempat yang tidak ingin saya kunjungi, itu ada di sana,” katanya. “Tempat itu dingin, tidak disukai, dan tidak dikunjungi.”

Lihat selengkapnya di: Kasus Pelecehan Seksual di Gereja Katolik Roma...


Diambil dan diterjemahkan (bagian belakang oleh Google) dari

https://www.nytimes.com/2024/09/18/world/europe/ireland-bishop-eamonn-casey.html 


**** Kisah yang memuakkan. Entah pada siapa. 



No comments:

Post a Comment