Saturday, June 4, 2011

Paus Johanes XXIII - Mengunjungi RS dan penjara.


Tidak banyak yg tahu bahwa Paus Johanes XXIII sudah sakit2an sewaktu diangkat menjadi paus. Pada waktu Shah Iran menghadapnya di tahun 1958, dia bahkan setengah pingsan di tempat duduknya. Maklum, usianya sudah 77 tahun. Dan kehidupan paus sehari2 sangatlah sibuk. Ratusan atau ribuan surat harus dibalasnya.

Tapi itu tidak menghalanginya utk melaksanakan tugas yg diembannya. Beberapa hari setelah diangkat, dia langsung mengunjungi penjara dan RS. Ingat Injil Matius? "Sebab ketika Aku lapar, kamu tidak memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu tidak memberi Aku minum; ... ketika Aku sakit dan dalam penjara, kamu tidak melawat Aku." Roncalli ingin memberi contoh nyata. Peristiwa ini diliput koran2 di seluruh dunia waktu itu. Suasana peliputan sangat mengharukan.... Lihat sendiri untuk memahaminya. Klik di sini.

Dia terkenal baik hati. Maka dia dijuluki "Paus yg Baik Hati", The Good Pope. Tahun 2000, 37 tahun setelah kematiannya, dia dinyatakan sebagai "beato" (satu tahap sebelum santo/santa) oleh Paus Johanes Paulus II (yg juga dinyatakan sbg beato di tahun 2011).

No comments:

Post a Comment