Sunday, December 11, 2016

Maria Magdalena: Pengikut Yesus yg utama



Sbg Tuhan, Yesus tdk "kebetulan" lahir di kandang. Dia memilih... Dia juga tidak kebetulan MEMILIH Maria Magdalena sbg org pertama yg melihat Dia telah bangkit. Maria inilah yg menyampaikan kabar kebangkitan Yesus pd para rasul. Ini tonggak terpenting dlm ajaran Kristen. Maka St. Thomas Aquinas menyebutnya "rasul dr para rasul." Apostolorum apostola. Maria Magdalena penginjil yg pertama yg mengabarkan kebangkitan Tuhan. Yg kmdn diteruskan oleh para rasul ke seluruh dunia.

Tapi mengapa dia dijelek2kan? Selama hampir 2000 tahun identitasnya disamakan dengan pelacur. Pdhal dlm Injil tdk ada tulisan sedikit pun bhw wanita pendosa itu Maria Magdalena? Spt ada intrik terorganisasi utk menjatuhkan namanya yg harum... Yah, begitu lah. Inilah gereja kita, dengan segala keutamaan dan dosa2nya, kata Paus Fransiskus (pd kesempatan yg tdk terkait dengan ini.)

Maria Magdalena berarti Maria dari kota Magdala (bandingkan dengan Yusuf dari Arimatea, Yesus dari Nazareth, Saddam Hussein dr Takrit)... Ini keanehan. Krn pd masa itu, wanita biasa ditaruh di bwh bayang2 suami (Herodias, isteri Filipus) atau sbg ibu (Maria ibu Yakobus). Maria Magdalena berdiri sendiri, yg berarti dia mandiri, org yg dihormati. Pemimpin.

Dia juga bisa pergi kemana2 bersama rombongan Yesus. Mgkn sekali dia ikut membantu kebutuhan sandang pangan rombongan itu. Mgkn tdk sangat kaya raya, tapi punya cukup uang utk itu. Krn murid2 Yesus umumnya nelayan miskin.

Apakah kmdn dia mengabarkan Injil spt rasul lain? Mengapa tdk. Dia dulu dibebaskan oleh Yesus dr kuasa 7 roh jahat. Dr segi psikiatri modern, mgkn sekali dia punya sifat yg lain dr yg lain. Dia revolusioner. Berani ikut Yesus kemana2, sedang wanita lain tinggal di rmh. Dia pemberani. Dia datang seorang diri ke kubur Yesus (Yoh 20:1; pd Injil lain tidak sendiri). Dia ikuti Yesus smp di bwh kayu salib, sementara murid lainnya lari sembunyi.

Kemgknan besar dia tdk takut menyebarkan Injil. Dan memang ada ditemukan kitab Injil Maria (Magdalena), meski ini tidak diakui resmi oleh gereja. Bgmn pun, ini menunjukkan dulu ada wanita berpengaruh yg mengajar.

Lalu mengapa nama dia hilang? Krn kalah dlm pertempuran gender, kata ahli sejarah di luar gereja. Budaya yg mengutamakan pria tdk ingin memberi tempat pd wanita.

Pdhal Yesus sangat revolusioner. Dia biarkan Maria Magdalena mengikuti-Nya, melawan adat pd masa itu. Paulus juga sangat revolusioner. Bnyk murid utamanya dan pemimpin gereja lokal (zaman skg, mestinya imam) adalah wanita (Roma 16:1-3). Ini didukung oleh gambar2 zaman itu yg memperlihatkan Paulus diapit oleh dua wanita pengajar (ditandai dengan simbol dua jari yg diacungkan). Tapi saat ditemukan, dua jari dan mata kedua wanita ini dirusak org. Menunjukkan bhw ada org dlm gereja lokal yg tdk suka wanita jadi pemimpin umat.

Maka tulisan dlm surat Paulus, 1 Timotius 2:12,  "Aku tidak mengizinkan perempuan mengajar..." diduga kuat adalah ayat sisipan org lain yg terlibat dlm perang gender ini. Ini bertentangan sama sekali dengan surat Roma tadi. Tapi ini juga menunjukkan, pd saat itu ada wanita yg mengajar: mgkn sekali Maria Magdalena.

Pertempuran ini diteruskan selama berabad2, smp akhirnya Maria Magdalena diidentikkan dengan wanita pendosa itu oleh seorang pejabat tinggi gereja. Dan ini dibiarkan smp th 1969 saat Konsili Vatikan II mencabut noda itu secara resmi. Ahli sejarah gereja akhirnya mengakui ahli sejarah luar gereja...

Kini,  3 Juni 2016 lalu, nama Maria Magdalena lebih dibersihkan lagi ketika Paus Fransiskus mengangkatnya; hari pestanya menjadi setara dengan rasul2 lain.

Sdh sehrsnya lah demikian. Maria Magdalena adalah rasul dr para rasul...

========================
* Di gereja Ortodoks Timur, tdk ada cerita yg mengaitkan Maria Magdalena dengan wanita pendosa itu.
**  Semua tulisan di atas hanya rangkaian dr tiga sumber di bwh ini. Saya sendiri krg peduli dengan perang gender, yg smp skg blm selesai ini 😄
*** Mohon koreksi kalau ada kesalahan. Krn ini ditulis dengan cepat.

1. NatGeo - https://youtu.be/Z8Nn8rXHD5w
2. https://aleteia.org/2016/06/10/mary-magdalene-apostle-to-the-apostles-given-equal-dignity-in-feast/
3. Siapa yg menjudutkan Maria Magdalena? http://www.uscatholic.org/articles/200806/who-framed-mary-magdalene-27585

*** Tulisan juga dimuat di sini: https://m.facebook.com/photo.php?fbid=346321522390719&id=100010386228288

No comments:

Post a Comment